Manfaat Meningkatkan Brand Awareness pada Bisnis Bubuk Minuman
Bisnis bubuk minuman saat ini menjadi salah satu usaha yang cukup banyak diminati. Salah satu hal yang berpengaruh terhadap pertumbuhan bisnis bubuk minuman adalah dengan semakin populernya berbagai varian minuman kekinian di berbagai kalangan. Bubuk minuman sendiri merupakan bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat minuman kekinian.
Dengan semakin populernya minuman kekinian, membuat permintaan akan bubuk minuman menjadi tinggi. Sehingga banyak yang menjadikan hal ini sebagai peluang untuk berbisnis. Supaya bisnis dapat terus berkembang dan bersaing, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan cara meningkatkan brand awareness.
Apa itu Brand Awareness?
Brand awareness adalah tingkat pengakuan konsumen atau istilah yang menggambarkan seberapa dikenalinya suatu produk atau brand oleh konsumen di pasaran. Brand awareness juga bisa disebut sebagai proses yang berkelanjutan yang bisa datang dari berbagai aspek, mulai dari logo, tagline, jingle, serta pengemasan.
Mengukur brand awareness dapat dilakukan dengan cara melakukan survei, pengukuran traffic dan analisis, social mentions dan share, analisis media, keterlibatan sosial, dan lainnya. Membangun brand awareness sangat penting bagi suatu bisnis, karena konsumen cenderung lebih memilih produk yang dusah dikenal.
Manfaat Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness memiliki peran bagi suatu bisnis. Bagi bisnis bubuk minuman, peran tersebut menjadi suatu keunggulan, yang memberi manfaat bagi pemilik bisnis bubuk minuman. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh:
Meningkatkan Penjualan
Salah satu manfaat utama dari meningkatnya brand awareness adalah dapat meningkatkan penjualan. Hal ini dikarenakan brand dari bubuk minuman menjadi lebih dikenal oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang tahu mengenai brand tersebut, maka peluang brand dapat menang di pasaran pun menjadi lebih tinggi.
Terlebih lagi, pelanggan biasanya lebih memilih produk yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, karena menurut mereka lebih dapat dipercaya.
Membangun Kesadaran Pelanggan
Fungsi utama dari brand awareness adalah membangun kesadaran konsumen aka suatu brand produk atau jasa. Ketika brand awareness semakin meningkat, maka kesadaran konsumen untuk mengenali brand tersebut dengan hanya melalui nama, log, tagline, bahkan hingga kemasan juga akan semakin meningkat.
Hal tersebut, membuat pelanggan ataupun calon pelanggan baru akan lebih cepat dalam mengambil keputusan untuk membeli produk bubuk minuman, yang kemudian dapat meningkatkan penjualan.
Meningkatkan Nilai Jual Produk
Ketika sebuah brand menjadi semakin meningkat dan kuat, maka artinya brand tersebut sudah mendapat kepercayaan dari pelanggan. Semakin banyak orang sadar akan brand tersebut, maka nilai brand menjadi lebih tinggi. Hal ini ditentukan oleh pengalaman konsumen, dan presepsi atas keseluruhan merek tersebut.
Ketika brand bubuk minuman secara keseluruhan bernilai positif, maka nilai jual dari produk brand tersebut dapat meningkat karena nilai yang dirasa lebih tinggi, selain itu kemampuan untuk mengembangkan bisnis melalui lini produk menjadi semakin mudah.
Menciptakan Presepsi
Presepsi adalah tindakan mengenali, menyusun, dan menafsirkan informasi untuk memberikan gambaran mengenai suatu lingkungan. Dalam brand awareness, presepsi disebarkan melalui berbagai media, seperti berita, media sosial, iklan, dan lainnya. Sehingga akan tercipta presepsi positif akan suatu brand di benak pelanggan.
Misalkan ketika seorang teman memberi tahu anda mengenai bubuk minuman di mana teman anda memiliki pengalaman luar biasa mengenai produknya maupun pelayanannya. Sehingga, meskipun anda tidak membeli bubuk minuman tersebut, maka ada kemungkinkan anda akan merekomendasikan ke teman lainnya mengenai bubuk minuman tersebut.
Membangun brand awareness pada bisnis bubuk minuman memang bukan hal yang mudah, akan tetapi ketika sudah berhasil diciptakan akan memperoleh manfaat yang lebih banyak.
Comments
Post a Comment